Webinar dan Kuliah Umum “Penerapan Data Science dan Artificial Intelligence Untuk mendukung Operasi Hulu Migas”

Teknologi machine learning, menjadi salah satu dari cabang Artificial Intelligence yang sangat diminati dan menarik perhatian karena teknologi ini mampu mempelajari data yang ada dan data yang diperoleh, sehingga bisa melakukan tugas tertentu.  Program Studi (prodi) Magister Terapan menyelenggarakan webinar dan kuliah umum dengan Penerapan Data Science dan Artificial Intelligence Untuk mendukung Operasi Hulu Migas”, secara daring, pada Sabtu (4/3/2023) lalu.

Webinar mengusung tema “Artificial Intelligence”, dengan menghadirkan narasumber Dr, Joko Nugroho Prasetyo, HW dan moderator Dr. Juni Nurma Sari, S.Kom.,M.MT bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu bagi mahasiswa/I, kegiatan ini diikuti lebih kurang 200 orang peserta dengan MC Amelia Rahmadhani, S.Kom.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur PCR, Dr Dadang Syarif Sihabudin Sahid S.Si M.Sc, dalam sambutannya Dadang berharap semoga dengan adanya webinar ini akan memberikan hal yang sangat luar biasa untuk mempersiapkan diri dengan tantangan dimasa depan dan sebagai bagian dari perkembangan dunia.

Selanjutnya Ketua Program Studi Magister Terapan Komputer Dr. Eman Hasri Putra, S.T.,M.Eng. dalam sambutan mengatakan ”Terima kasih atas kehadiran para narasumber yang luar biasa ini, dan tentu webinar ini diharapkan menambah wawasan dan bekal para mahasiswa beserta peserta dari umum yang mengikuti dengan baik resapi dan gali sebanyak banyaknya materi yang diberikan.

Artificial Intelligence pada dasarnya berkaitan dengan pengembangan komputer yang mampu terlibat dalam proses berpikir seperti manusia.  Tipe data Artificial Intelligence (Big Data) menurut Dr, Joko Nugroho Prasetyo, HW terbagi menjadi tiga tipe yaitu 1) Terstruktur, 2) Tidak Terstruktur, 3) Semi Terstruktur.

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan adalah bentuk teknologi yang diciptakan untuk meniru fungsi kognitif manusia. Seperti menganalisis data, memahami pola, mengenali lingkungan sekitar hingga membuat keputusan. AI tidak selalu berbentuk robot seperti yang biasa kita lihat di film bergenre science fiction. AI seringkali berbentuk komputer, perangkat, bahkan tanpa wujud. Teknologi AI diciptakan untuk memahami dan memberi solusi terhadap suatu masalah dengan lebih cepat dan efektif. Lebih lagi, AI diharapkan mampu menyelesaikan pekerjaan manusia dengan lebih mudah serta memberi hasil yang maksimal.

  • Berita
Bagikan ke teman