Program Studi Magister Terapan Teknik Komputer


Program Studi Magister Terapan Teknik Komputer memiliki visi adalah diakui sebagai program studi unggul yang mampu bersaing dalam pendidikan Magister Terapan di bidang Teknik Komputer pada tingkat nasional maupun ASEAN pada tahun 2031.

 

Profil Lulusan Program Studi Magister Terapan Teknik Komputer:

  1. Cyber Security Specialist

Memiliki kemampuan untuk merancang dan membangun arsitektur keamanan, mengelola dan meningkatkan keterbaruan solusi keamanan, dan mengevaluasi fungsionalitas sistem keamanan teknologi informasi.

  1. Application Developer Expert

Memiliki kemampuan untuk merancang, mengimplementasikan, dan melakukan evaluasi terhadap aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah di masyarakat dan industri.

  1. Data Science

Memiliki kemampuan untuk berpikir analitis, menerapkan teknik-teknik analisis data, menguasai konsep big data dalam perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di industri.

  1. System Integration Specialist

Memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan sub sistem perangkat lunak dan perangkat keras menjadi satu kesatuan teknologi informasi dan memastikan sub sistem tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Peneliti

Memiliki kemampuan mengenali, menganalisis, mensintesis dan mengevaluasi permasalahan berkaitan dengan sumber daya bidang teknik komputer dan menghasilkan IPTEKS.

  1. Pendidik

Memiliki kemampuan mentransfer IPTEKS kepada pembelajar menjadi insan yang kompeten pada bidang teknik komputer.

 

Capaian Pembelajaran (CP) Program Studi Magister Terapan Komputer PCR merujuk pada kualifikasi level 8 KKNI yang di bagi dalam 4 kategori, yaitu: Sikap, Penguasaan Pengetahuan, Keterampilan Khusus dan Keterampilan Umum.

 

I. Aspek Sikap (Lampiran Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 Tentang SN PT)

  1. Bertaqwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap yang religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;

 

II. Aspek Penguasaan Pengetahuan (Hasil FGD dosen, praktisi dan pengguna lulusan)

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Teknik Komputer secara umum dan konsep teoritis pada bidang Cyber Security, Application Developer, Data Science dan System Integration secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  2. Menguasai pengetahuan dan keahlian sebagai seorang Cyber Security Specialist, Application Developer Expert, Data Science dan System Integration Specialist.
  3. Menguasai algoritma-algoritma sistem cerdas dan machine learning untuk menyelesaikan kasus yang diberikan, menganalisis keterkaitan antar data dalam memprediksi data dan mengevaluasi akurasi.
  4. Menguasai konsep dan menggunakan teknologi Big Data untuk menangani permasalahan data yang sangat besar.
  5. Menguasai konsep dan menggunakan teknologi IoT untuk mengintegrasikan sistem cerdas.
  6. Menguasai masalah ancaman, kelemahan dan serangan Cyber pada Jaringan Komputer.

 

III. Aspek Keterampilan Umum (Lampiran Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 Tentang SN PT)

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta karya yang dipresentasikan atau dipamerkan.
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  3. Mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multidisiplin.
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data.
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan.
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiat.

 

IV. Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan konsep teoritis bidang pengetahuan Teknik Komputer secara umum dan konsep teoritis pada bidang Cyber Security, Application Developer, Data Science dan System Integration secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  2. Memiliki kemampuan sebagai tenaga profesional sebagai seorang Cyber Security Specialist, Application Developer Expert, Data Science dan System Integration Specialist.
  3. Mampu menerapkan algoritma-algoritma sistem cerdas dan machine learning untuk menyelesaikan kasus yang diberikan, menganalisis keterkaitan antar data dalam memprediksi data dan mengevaluasi akurasi.
  4. Mampu menerapkan konsep dan menggunakan teknologi Big Data untuk menangani permasalahan data yang sangat besar dan teknologi IoT untuk mengintegrasikan sistem cerdas.
  5. Mampu menyelesaikan masalah ancaman, kelemahan dan serangan cyber pada Jaringan Komputer

Penerimaan Mahasiswa Baru

Brosur PMB PCR
 

Gabung PCR

 

Lokasi Kampus

 

Konsultasi Online

 

Layanan PMB

 

Kirim Pesan