Webinar dan Kuliah Umum "Memanfaatkan ICT Cerdas Menuju Advanced Literasi Digital"

Dalam era digital seperti saat ini, kemampuan literasi digital adalah suatu hal yang sangat penting, terutama bagi pebisnis. Literasi digital merupakan kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan baik dan benar, sehingga mampu memahami, memanfaatkan, serta menghindari dampak buruk dari teknologi tersebut. Pada dunia bisnis, literasi digital sangatlah penting karena dapat membantu para pelaku bisnis dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis mereka.  Program Studi (prodi) Magister Terapan menyelenggarakan webinar dan kuliah umum secara daring, pada Sabtu (15/10/2022).

Webinar mengusung tema “Memanfaatkan ICT Cerdas Menuju Advanced Literasi Digital”, Kegiatan ini menghadirkan salah satu praktisi literasi digital dan juga merupakan Direktur Eksekutif ICT Watch Indriyatno Banyumurti dan moderator Dr. Yohana Dewi Lulu Widyasari S.Si.,M.T. bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu bagi mahasiswa/I, kegiatan ini diikuti lebih kurang 400 orang peserta dengan MC Amelia Rahmadhani, S.Kom.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur PCR, Dr Dadang Syarif Sihabudin Sahid S.Si M.Sc, dalam sambutannya Dadang mengucapkan selama ini webinar lebih dititik beratkan pada peningkatan knowledge yang berkaitan dengan matakuliah yang berhubungan dengan infokom, pada kesempatan ini kita melihat bagaimana literasi digital dari sisi yang lain. Literasi digital di provinsi Riau menjadi perhatian bagi kita bersama karena indek literasi digital 3,35 dengan peringkat dua dari bawah, ini sangat miris dan jauh dari standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Semoga kuliah ini dapat membantu kita bagaiman literasi digital yang baik dan menjadi momentum membangun literasi digital, keamanan data pribadi, privasi dll bagaimana meningkatkan internet yang sehat.

Menurut Indriyatno Banyumurti, literasi digital adalah kemampuan manusia untuk menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara efektif untuk memperoleh, mengevaluasi, memproses, dan menyampaikan informasi. Konsep ini berkaitan erat dengan bisnis, karena pada era digital seperti sekarang, hampir semua aspek bisnis menggunakan teknologi sebagai sarana untuk mencapai tujuan bisnis. Pentingnya literasi digital dalam mengembangkan bisnis terletak pada kemampuan manusia untuk memanfaatkan teknologi informasi dengan optimal dalam semua aspek bisnis seperti marketing, penjualan, pengelolaan keuangan, dan lain-lain. Literasi digital yang baik, dapat membantumu menguasai berbagai aplikasi dan media sosial untuk mempromosikan produk bisnis, mengelola data dengan lebih efektif, dan meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan bisnis. Selain itu, literasi digital juga memungkinkan manusia untuk mengikuti tren bisnis dan inovasi teknologi yang berkembang dengan cepat, sehingga dapat mengoptimalkan proses bisnis dan meningkatkan daya saing bisnis. Peningkatan kemampuan literasi digital dapat membantu manusia meningkatkan kualitas bisnis dan meraih kesuksesan dalam era digital yang semakin kompetitif.

Untuk meningkatkan literasi digital dalam bisnis dan mengoptimalkan penggunaan teknologi, ada beberapa langkah yang dapat ambil sebagai seorang pemimpin perusahaan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengadakan pelatihan literasi digital.
  2. Meningkatkan mutu infrastruktur teknologi.
  3. Meningkatkan efisiensi penggunaan teknologi.
  4. Mengadopsi strategi pemasaran digital.
  5. Menggunakan analisis data.ng

Jika diterapkan di dalam setiap kegiatan bisnis, langkah-langkah tadi dapat meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas perusahaan.

  • Berita
Bagikan ke teman