Webinar dan Kuliah Umum "Designing Modern Big Data In Cloud Computing"

Era digital hadir dan mendorong seluruh negara, termasuk Indonesia, untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Salah satunya adalah Cloud Computing, Terlepas dari semakin banyaknya penggunaan Cloud Computing terlebih dahulu kita mengetahui apa itu Cloud Computing dan bagaimana perkembangan cloud computing pada Era industri 4.0 di Indonesia. Cloud Computing yaitu teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, yang memberikan hak akses kepada pengguna Komputer.  Penerapan komputasi awan saat ini sudah banyak diterapkan oleh sejumlah perusahaan IT terkemuka di dunia. Yakni Google (google drive) dan IBM (blue cord initiative). Di Indonesia sendiri, salah satu perusahaan yang sudah menerapkan Cloud Computing adalah Telkom. Cloud computing dinilai memberikan banyak manfaat teknologi, misalnya menawarkan sistem data terpusat dengan menghemat banyak sekali infrastruktur seperti data center, media storage karena seluruh keperluan telah tersedia secara virtual. Tidak hanya itu cloud computing juga memberikan manfaat di bidang keamanan seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dan masih banyak lagi.  Program Studi (prodi) Magister Terapan menyelenggarakan webinar dan kuliah umum secara daring, pada Sabtu (19/03/2022) lalu.

Webinar mengusung tema “Designing Modern Big Data In Cloud Computing”, Kegiatan ini menghadirkan salah satu narasumber Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T. serta moderator Satria Perdana Arifin, S.T., M.T.I. bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu bagi mahasiswa/I, kegiatan ini diikuti lebih kurang 300 orang peserta.

Ketua Program Studi Magister Terapan Komputer Dr. Yohana Dewi Lulu Widyasari S.Si.,M.T. dalam sambutan mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya para pengembang perangkat lunak untuk bisa memanfaatkan berbagai layanan Cloud Computing dalam proses pengembangan perangkat lunak khususnya mahasiswa Magister Terapan Komputer.

Ridi menjelaskan bahwa, big data belum dipahami oleh banyak orang, namun manfaat big data telah banyak dirasakan pengguna internet yang sering mengakses informasi. Big data dapat diartikan sebagai kumpulan data yang sangat besar, kompleks dan selalu bertambah seiring waktu. Data ini dihasilkan dari aktivitas kita saat berinternet. Contohnya saja informasi pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, tanggal lahir secara sederhana. Namun, seiring penggunaan sosial media, marketplace, hingga mesin pencari yang kita gunakan sehari-hari dapat menghasilkan data sekitar 2,5 quintillion bytes setiap harinya. Dari sinilah, pentingnya kemampuan mengelola big data secara baik.

Dalam seminar ini Ridi telah menyampaikan informasi yang berkaitan dengan situasi pertumbuhan Big Data. Dalam seminar ini juga telah disampaikan dan didiskusikan segala hal ada berkaitan dengan Big Data mulai dari sumber data, kendala yang dihadapi perusahaan dalam mengelola data yang sangat besar, teknologi informasi yang dapat membantu prose pengolahan Big Data, sampai dengan inforormasi keuntungan apa saja yang dapat diperoleh sebuah perusahaan jika dapat melakukan pengelolaan dan pengolahan Big Data dengan tepat, cepat dan benar.

  • Berita
Bagikan ke teman